obrolanolahraga-Sekilas-Tentang-Sejarah-MotoGP-Amerika-Serikat

Sekilas Tentang Sejarah MotoGP Amerika Serikat

Sirkuit Austin atau Circuit of teh Americas di Texas akan menjadi ajang MotoGP di Amerika yang pertma sebelum 2 sirkuit lainny yaitu Laguna Seca dan Indianapolis. Dalam sejarah balap motor dunia di Amerika Serikat pertama kali digelar pada tahun 1964 dan 1965 yang kala itu hanya ada 2 sirkuit Daytona yang kala itu menjadi tuan rumah balap motor dunia di Amerika Serikat.

Kemudian kejuaraan balap motor dunia hanya diselenggarakan di Eropa dan Asia selama 22 tahun lamanya. Hingga pada tahun 1988 Sirkuit Laguna Seca kembali mendapat kehormatan sebagai tempat dilangsungkannya balap motor dunia. Sirkuit ini juga rutin menjadi tuan rumah hingga tahun 1994.

obrolanolahraga-Sekilas-Tentang-Sejarah-MotoGP-Amerika-Serikat

Pada 2005 Amerika kembali menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor dunia yang mengadu balap motor kelas 500cc saja.  Perubahan terjadi pada tahun 2008 ketika sirkuit Indianapolis masuk dalam kalender balapa motor dunia dan menjadi tuan rumah dari dua balapan dalam satu musim dengan menggunakan sirkuit Mazda Raceway Laguna Seca dan Indianapolis.

Nah, pada musim balap tahun ini mendapatkan satu jatah sirkuit lagi sebagai tuan rumah dengan masuknya Circuit of the Americas di Austin, Texas pada balapan kedua setelah balapan pertama di sirkuit Losail Qatar. Amerka menjadi negara kedua selain Spanyol. Di sirkuit Amerika, pembalap yang tercatat meraih juara terbanyak adalah Casey Stoner dengan total 4 kemenangan (3 kemenangan di Laguna Seca dan 1 kemenangan di Indianapolis).

This post has already been read 470 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>