Pasang Surut Olahraga Basket Indonesia

Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh 5 orang yang biasanya memiliki postur tubuh yang tinggi pada setiap regunya. Olahraga ini hampir ada di setiap negara, termasuk Indonesia. Olahraga basket mulai dikenal di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Mungkin dulu para Kompeni itu sering memainkan olahraga ini, sehingga membuat orang Indonesia tertarik untuk mempelajarinya.

Perkembangan basket di Indonesia memang tak sepesat olahraga bulutangkis, tetapi setidaknya olahraga ini sempat berkembang baik di Indonesia yang ditandai dengan berdirinya PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) pada tahun 1951. Beberapa prestasi juga sempat di raih oleh tim basket dari Indonesia. Untuk itu, Anda perlu mengetahui prestasi apa saja yang pernah diraih Indonesia dalam bidang olahraga basket sebelum sekarang ini mengalami penurunan.

Pada tahun 1990, olahraga basket Indonesia berhasil menjadi juara keempat pada kejuaraan ASIA XIII di Singapura. Pada tahun berikutnya, tim putra basket Indonesia menduduki ranking keenam dari 14 peserta pada Kejuaraan ABC Junior di Beijing. Pada tahun 1993, Indonesia mendapatkan medali perunggu pada SEA GAMES XVII di Singapura. Setelah itu, Indonesia juga berhasil menyabet juara II pada ajang SEABA di Surabaya. Di tahun berikutnya, Indonesia kembali memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES XIX yang diadakan di Jakarta. Indonesia tampaknya selalu bermain baik di SEA GAMES, karena pada tahun 1999, Indonesia kembali mendapat medali perunggu pada ajang SEA GAMES XX di Brunei Darussalam.

olahraga basket, basket di Indonesia,

Pada awal tahun 2000, perkembangan olahraga basket Indonesia mulai menunjukkan peningkatan dibandingkan pada tahun 90an. Itu dibuktikan dengan prestasi yang diraih Indonesia pada tahun 2001 yang mendapatkan medali perak di SEA GAMES XXI di Kuala Lumpur. Satu step lebih tinggi daripada prestasi yang di dapat sebelumnya. Pada tahun 2007, Indonesia menduduki peringkat kedua di ajang SEA GAMES XXIV di Thailand. Tetapi, penurunan prestasi bola basket Indonesia kembali terjadi pada tahun 2010. Indonesia hanya bisa mendapatkan juara keempat dari lima peserta pada ajang SEABA Championship For Women di Manila.

Melihat pasang surut prestasi olahraga basket Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin mengalami penurunan, Anda tentu ikut merasa khawatir akan nasib olahraga ini ke depannya. Olahraga basket Indonesia jauh tertinggal di bawah olahraga bulu tangkis yang selalu menyabet prestasi gemilang dalam setiap pertandingan. Selama dua dekade terakhir, Indonesia belum pernah mendapatkan juara pertama pada pertandingan bola basket yang diikutinya. Maka dari itu, semoga ini bisa dijadikan koreksi bagi pemerintah untuk memajukan kembali olahraga basket Indonesia, sehingga bisa mendapat kesuksesan dalam setiap pertandingannya.

This post has already been read 410 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>