Bola Resmi FIFA World Cup dari Tahun ke Tahun (1930-1974)

Bola Resmi FIFA World Cup dari Tahun ke Tahun (1930-1974)

Ajang Piala Dunia FIFA adalah ajang pertandingan sepakbola terbesar dan termegah dengan partisipan dari seluruh dunia. Jutaan orang hampir bisa dipastikan menonton kompetisi bergengsi ini melalui televisi ataupun merogoh kocek agar bisa menonton langsung. Ribuan stasiun televisi sudah pasti akan berlomba-lomba meliputnya demi rating.

Karena skalanya, piala dunia sudah tentu melibatkan banyak dana dan teknologi dalam pelaksanaannya. Salah satu contohnya adalah bola yang digunakan dalam setiap pertandingannya. Bola resmi FIFA World Cup tiap tahunnya berbeda-beda. Satu per satu bola-bola ini diproduksi dengan menggunakan bahan dan teknologi serta inovasi khusus sehingga dapat menyokong jalannya permainan dan memenuhi kebutuhan pada masanya.

Berikut ini adalah bola resmi FIFA World Cupdimulai dari tahun 1930.

Bola Resmi FIFA World Cup dari Tahun ke Tahun (1930-1974)

Tiento dan T-Model (1930)

Dua bola ini dipergunakan pada saat final antara Argentina dengan Uruguay. Hal ini disebabkan karena adanya selisih pendapat antara Argentina dan Uruguay yang berakhir dengan FIFA mengeluarkan semacam kompensasi berupa kedua tim bisa menyediakan bola di tiap babak. Argentinadengan Tientodi paruh pertama dan Uruguay dengan T-Model di paruh akhir.

Federale (1934)

Bola yang diproduksi olehEnte Centrale Approvvigionamento Sportivi atau ECAS, Roma ini adalah bola resmi untuk piala dunia pada tahun 1934. Bola ini dan Raimundo Orsi dari tim Italia sempat menjadi sorotan publik dan media karena trik bola Orsi yang mengatarkan tim sepakbola Italia memenangkan Piala Dunia 1934. Lucunya, ketika Orsi akan mengulang kembali trik tersebut di hadapan media, hanya kegagalan yang ia temui. Hal ini mendorong publik untuk berspekulasi kalau trik kemenangan Orsi tersebut bukan karena skill tapi karena bola yang aus.

Allen (1938)

Diproduksi oleh Allen, Paris, bola ini adalah bola resmi FIFA World Cup1938 yang digelar di Prancis. Sama seperti event-event sebelumnya, bola 12 panel ini masih mengikuti kaedah yang ditetapkan asosiasi sepakbola saat itu: bola yang dipakai saat ajang final haruslah diproduksi oleh produsen lokal dan terbuat dari kulit cokelat. Bola ini juga merupakan bola terakhir untuk tahun 30-an karena setelah itu, terjadi perang dan selama satu dekade lebih, ajang perhelatan sepakbola ini memasuki masa hiatus.

Duplo T (1950)

Diproduksi oleh Superball, bola ini adalah bola resmi piala dunia 1950 yang digelar di Brazil. Piala dunia ini merupakan piala dunia pertama setelah perang. Bola ini menjadi memento bagi Amerika yang kala itu berhasil mencetak kemenangan atas Inggris. Hal ini terbukti mengejutkan mengingat saat itu, sepakbola adalah olahraga minoritas di Amerika. Saking mengejutkannya, bola ini hingga sekarang masih disimpan diSoccer Hall of Fame in Oneonta, New York, Amerika.

Swiss World Champion (1954)

Merupakan bola resmi piala dunia 1954 yang diadakan di Swiss. Bola ini merupakan produksi Kost Sport, Basel. Bola ini merupakan bola pertama yang diproduksi memiliki 18 panel.

Top Star (1958)

Bola resmi dari piala dunia 1958, Swedia ini memiliki sejarah unik. Bola berwarna kuning mirip IKEA ini dipilih langsung dari 102 kandidat melalui blind test oleh empat petugas dari FIFA pada zaman itu.

Crack Top Star (1962)

Diproduksi olehSenor Custodio Zamora H, San Miguel, Chile, bola yang merupakan bola resmi piala dunia Chile ini menuai banyak kritik karena pada masa awal penggunaannya, kualitasnya begitu buruk hingga wasit saat itu langsung meminta bola pengganti didatangkan dari Eropa.

Challenge 4-Star (1966)

Merupakan bola produksi Slazenger, Dewsbury. Yorkshire, yang dipergunakan di Piala Dunia Inggris. Bola 18 panel berwarna oranye ini dipilih melalui blind test yang dilaksanakan di markas besar Football Association di Soho setelah asosiasi tersebut mengundang semua produsen bola lokal yang top untuk menjadi kandidat bola mereka.

Telstar (1970)

Bola ini merupakan bola resmi FIFA world cuppertama produksi Adidas. Awal dari arier panajng produsen ini dalam memproduksi bola Piala Dunia Dipergunakan di ajang Piala Dunia Meksiko, bola ini dianggap bola dengan teknologi termutakhir pada zamannya. Bola yang nama dan bentuknya mirip dengan satelit Telstar ini memiliki 32 panel dengan motif heksagon dan pentagon di permukaannya. Adidas menyediakan hanya 20 bola untuk final dan 600.000 bola untuk pertandingan dan replika di periode yang menyusul Piala Dunia ini.

Telstar Durlast (1974)

Adidas kembali dipercaya untuk memproduksi bola untuk Piala Dunia. Kali ini Telstar Durlast terbit untuk dipergunakan di Jerman. Tidak banyak momen penting dari bola ini selain sebagai bagian dari karier panjang Adidas sebagai penyedia bola untuk Piala Dunia.

Hanya sekedar bola, namun memiliki sejarah yang menarik. Untuk dekade berikutnya, akan dibahas di entry berikutnya! So stay tuned!

This post has already been read 357 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>