Susi Susanti

Biografi Atlet Legenda Olahraga Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti

Indonesia sempat melejit namanya dari kemenangan yang beberapa kali pernah diraih oleh para olahragawan, terutama di olahraga bulutangkis. Beberapa atlet bulutangkis yang sangat terkenal dan tidak asing lagi di telinga kita seperti Susi Susanti, Liem Swie King, Alan Budi Kesuma, Hendrawan, Ivana Lie, Taufik Hidayat, dan masih banyak lagi. Berikut ini akan diuraikan sedikit mengenai beberapa biografi atlet legenda olahraga bulutangkis. Biografi tentang atlet legenda olahraga yang akan diberikan adalah mengenai Susi Susanti dan Liem Swie King.

Biografi atlet legenda olahraga bulutangkis yang pertama akan dibahas adalah Susi Susanti. Susi Susanti memiliki masa kejayaan yang lumayan panjang. Puncaknya adalah pada saat menjadi juara tunggal putri pada Olimpiade Barcelona Spanyol tahun 1992. Saat itu dia meraih emas pertama Indonesia. Alan, yang juga kekasihnya sekaligus pemain tunggal bulutangkis juga mendapatkan gelar juara pada tunggal putra yang membuat para media asing memberikan mereka julukan “Pengantin Olimpiade”. Predikat sebagai Pengantin Olimpiade ini terus melekat pada diri mereka hingga mereka dipercaya untuk membawa obor Olimpiade Athena pada tahun 2004. Perempuan kelahiran 11 Februari 1971 di Tasikmalaya ini mulai tertarik dengan bulutangkis sejak ia masih duduk di bangku SD.

biografi atlet legenda olahraga

Biografi atlet legenda olahraga bulutangkis selanjutnya adalah Liem Swie King. Liem Swie King lahir  di Kudus pada tanggal 28 Februari 1956. Beberapa prestasi yang pernah ia raih antara lain juara All Englan pada tahun 1978, 1979, dan tahun 1981. Lalu sebagai runner up di All England pada tahun 1976 dan 1977. Di tahun 1980 dan 1983, Liem Swie King pernah meraih juara runner up di Kejuaraan Dunia.

Lalu untuk Kejuaraan Dunia tahun 1985 ia meraih peringkat ke III pada ganda pria. Dan di tahun 1976, 1979, dan 1984 ia menjuarai Piala Thomas dari 6 kali turnamen ikut serta. Medali emas juga pernah dia raih di tahun 1978 pada Asian Games yang diadakan di Bangkok. Untuk Kejuaraan Nasional pernah ia raih di tahun 1974 dan 1975. Tidak hanya itu saja, Liem Swie King mendapatkan penghargaan International Badminton Federation Badminton Hall of Fame di tahun 2002.

Itulah beberapa biografi atlet legenda olahraga bulutangkis dari Susi Susanti dan Liem Swie King. Semoga ulasan mengenai biografi dari atlet legenda olahraga bulutangkis Indonesia tersebut dapat memberikan inspirasi bagi para bibit baru dan generai penerus bulutangkis Indonesia agar dapat mengembalikan lagi masa kejayaan bulutangkis Indonesia yang sudah lama tenggelam. Dan dapat mengharumkan kembali nama Indonesia di mata internasional.

biografi atlet legenda olahraga

This post has already been read 87 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>